Senin, 29 April 2013

ReReA (Rest Reminder Application)

Semenjak perkembangan teknologi yang kian canggih, dunia komputer dan iternet seakan-akan telah menjadi pendamping hidup bagi masyarakat dunia khususnya di Indonesia. Hal ini sebanding dengan data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). Data APJII menjelaskan bahwa jumlah pengguna internet meningkat tajam menjadi sekitar 2 juta orang pada akhir tahun 2000. Pada akhir 2006, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 18 juta orang. Sedangkan pada akhir tahun 2008, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 25 juta orang. Dan jumlah ini akan terus melonjak, diperkirakan mencapai 60 juta pengguna pada tahun 2010.
Disamping itu, The United States Department of Health and Human Services merilis laporan tentang batas waktu maksimal memandang monitor komputer dan juga televisi dalam sehari, yaitu maksimal hanya 2 jam dalam sehari. Menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh Journal of Pediatrics, golongan remaja dan anak-anak pada saat ini telah melampaui batas maksimal tersebut hingga 66%. Lebih parahnya lagi, jutaan profesi atau pekerjaan mengharuskan para karyawan mereka untuk menghadap monitor komputer selama 8 jam dalam sehari. Hal tersebut jelas berpotensi besar merusak kesehatan mata mereka.
Menatap sebuah layar mampu mengakibatkan gejala sensitivitas pada cahaya yang mengakibatkan beberapa orang mengalami Computer Vision Syndrome (CVS). Computer Vision Syndrome (CVS) adalah suatu keadaan yang terjadi karena terlalu lama memfokuskan mata pada layar komputer. Gejala dari CVS meliputi pandangan mata kabur, sakit kepala, dan susah berkonsentrasi. CVS terjadi karena otot-otot mata menjadi tegang dan lelah akibat terlalu lama memandang layar komputer, selain itu mata juga menjadi kering karena umumnya jumlah kedipan seseorang pada saat memandang layar komputer berkurang sehingga mata kekurangan air mata. Gejala ini juga dapat diperparah oleh cahaya lampu yang terlalu terang atau angin AC yang terlalu kencang sehingga menyebabkan mata menjadi kering.
Untuk mengurangi resiko terkena CVS, sebaiknya seseorang beristirahat selama sekitar 10 hingga 15 menit tiap 1 jam sekali ketika berhadapan dengan komputer secara terus menerus. Kemudian mengalihkan pandangan dari monitor setiap 15 menit dengan melihat objek yang jauh kira-kira 10 detik. Dengan begitu, mata dan pikiran diberi kesempatan rileks sejenak dan siap kembali digunakan setelah beristirahat.
Upaya mencegah CVS dapat dilakukan dengan mengkondisikan mata sehingga tidak di fungsikan terlalu keras. Namun, banyak orang yang melupakan hal-hal sederhana tersebut. Sehingga berikut ini diperkenalkan suatu aplikasi reminder yang dibuat bertujuan untuk mengingatkan pengguna komputer agar mengistirahatkan mata sejenak ketika berinteraksi dengan layar komputer atau laptop sebagai upaya mengurangi jumlah penderita CVS. Dengan mengaplikasikan software Microsoft Visual Basic 6.0, program ini dibuat dan diberi nama ReReA (Rest Reminder Application).
Berikut ini adalah link untuk mendownload program ini :
http://www.4shared.com/file/rbLx6QX5/setup.html? 

selamat mencoba :D

TIM PKM-KC UNIVERSITAS AIRLANGGA
Vida Nourma Chakim

Ana Fauziatul Khasnah
Widi Eko Zanuar Ishak
Nuri Fashichah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar