Problem Reduction
Problem
reduction atau yang biasa dikenal dengan constraint, intinya adalah berusaha
mengurangi masalah dengan harapan masalah yang bersangkutan menjadi lebih mudah
diselesaikan. Sekarang ini sudah diketahui teknik konsistensi ini sangat
penting dalam penyelesaian constraint satisfactionproblem yang sangat
berat sehingga semua aplikasi komersial penyelesaian constraint
satisfactionproblem menggunakan teknik konsistensi ini sebagai langkah
dasar. Sejarah konsistensi constraint dapat ditlusuri dari peningkatan
efisiensi program pengenalan gambar oleh peneliti di intelejensi semu.
Pegenalan gambar melibatkan pemberian label kepada semua garis pada gambar
dengan cara yang konsisten. Jumlah kombinasi pemberian label pada garis yang
memungkinkan dapat menjadi sangat besar, sementara hanya sedikit yang konsisten
pada tahap awal. Dengan demikian memperpendek pencarian untuk pembeian nilai
yang konsisten.Untuk mengilustrasikan teknik
konsistensi ini akan diberikan sebuah contoh constraint satisfaction problem
yang sangat sederhana.
Anggap A < B
adalah constraint antara variabel A dengan domainDA =
{ 3..7} dan variabel B dengan domain DB = { 1..5}.
dengan jelas tampak bahwa bahwa untuk sebagian nilai pada DA
tidak ada nilai yang konsisten di DB yang memenuhi constraint
A < B dan sebaliknya. Niai yang demikian dapat dibuang dari domain
yang berkaitan tanpa kehilangan solusi apapun. Reduksi itu aman. Didapatkan domain
yang tereduksi DA = {3,4} dan DB = {4,5}.
Perhatikan
bahwa reduksi ini tidak membuang semua pasangan yang tidak konsisten. Sebagai
contoh kumpulan label (<A, 4>, <B, 4>) masihh dapat dihasilkan dari
domain, tetapi untuk setiap nilai A dari DA
adalah mungkin untuk mencari nilai B yang konsisten dan sebaliknya.
Walaupun
teknik konsistensi ini jarang digunakan sendirian untuk menghasilkan solusi,
teknik konsistensi ini membantu menyelesaikan constraint satisfactionproblem
dalam beberapa cara. Teknik konsistensi ini dapat dipakai sebelum pencarian
maupun pada saat pencarian.
Constraint
sering direpresentasikan dengan gambar graf (gambar 1) di mana setiap verteks
mewakili variabel dan busur antar verteks mewakili constraint binari
yang mengikat variabel-variabel yan dihubungkan dengan busur tersebut. Constraint
unari diwakilkan dengan busur melingkar.
Kebanyakan solusi menggunakan pohonOR,dimana lintasan dari
awal sampai tujuan tidak terletak pada satu cabang. Bila lintasan dari keadaan awal
sampai tujuan dapat terletak pada satu cabang, maka kita akan dapat menemukan tujuan
lebih cepat.
Graf
AND-OR
Pada
dasarnya sama dengan algoritma Best First Search, dengan mempertimbangkan adanya
arc AND. Gambar berikut menunjukkan bahwa untuk mendapatkan TV orang bisa dengan
cara singkat yaitu mencuri atau membeli asal mempunyai uang.Untuk mendeskripsikan
algoritma, digunakan nilai F_UTILITY untuk biaya solusi.
Untuk mendeskripsikan algoritma Graph
AND-OR kita menggunakan nilai F_UTILITY, yaitu biaya solusi.
Algoritma:
1.
Inisialisasi
graph ke node awal.
2.
Kerjakan
langkah-langkah di bawah ini hingga node awal SOLVED atau sampai biayanya lebih
tinggi dari F_UTILITY:
(a.)
Telusuri
graph, mualai dari node awal dan ikuti jalur terbaik. Akumulasikan kumpulan
node yang ada pada lintasan tersebut dan belum pernah diekspansi atau diberi
label SOLVED.
(b.)
Ambil satu
node dan ekspansi node tersebut. Jika tidak ada successor, maka set F_UTILITY
sebagai nilai dari node tersebut. Bila tidak demikian, tambahkan
successor-successor dari node tersebut ke graph dan hitung nilai setiap f’
(hanya gunakan h’ dan abaikan g). Jika f’ = 0, tandai node tersebut dengan
SOLVED.
(c.)
Ubah f’
harapan dari node baru yang diekspansi. Kirimkan perubahan ini secara backward
sepanjang graph. Jika node berisi suatu arc suatu successor yang semua descendant-nya
berlabel SOLVED maka tandai node itu dengan SOLVED.
Pada Gambar 2.33, pada langkah-1 semula
hanya ada satu node yaitu A. Node A diekspansi hasilnya adalah node B, C, dan
D. Node D memiliki biaya yang lebih
rendah (6) jika dibandingkan dengan B dan C (9). Pada langkah-2 node D terpilih
untuk diekspansi, menjadi E dan F dengan biaya estimasi sebesar 10. Sehingga
kita harus memperbaiki nilai f’ dari D menjadi 10. Kembali ke level sebelumnya,
node B dan C memiliki biaya yang lebih rendah daripada D (9 < 10). Pada
langkah-3, kita menelusuri arc dari node A, ke B dan C bersama-sama. Jika B
dieksplore terlebih dahulu, maka akan menurunkan node G dan H. Kita perbaiki
nilai f’ dari B menjadi 6 (nilai G=6 lebih baik daripada H=8), sehingga biaya
AND-arc B-C menjadi 12 (6+4+2). Dengan demikian nilai node D kembali menjadi
lebih baik (10 < 12). Sehingga ekspansi dilakukan kembali terhadap D.
Demikian seterusnya.
Algoritma AO* menggunakan struktur Graph.
Tiap-tiap node pada graph tersebut akan memiliki nilai h’ yang merupakan biaya
estimasi jalur dari node itu sendiri sampai suatu solusi.
Algoritma
1.
Diketahui
GRAPH yang hanya berisi node awal (sebut
saja node INIT). Hitung h’(INIT).
2.
Kerjakan
langkah-langkah di bawah ini hingga INI bertanda SOLVED atau samoai nilai
h’(INIT) menjadi lebih besar daripada FUTILITY:
(a)
Ekspand
INIT dan ambil salah satu node yang belum pernah diekspand (sebut NODE).
(b)
Bangkitkan
successor-successor NODE. Jika tida memiliki successor maka set FUTULITY dengan
nilai h’(NODE). Jika ada successor, maka untuk setiap successor (sebut sebagai
SUCC) yang bukan merupakan ancestor dari NODE, kerjakan:
i
Tambahkan
SUCC ke graph.
ii
Jika SUCC
adalah terminal node, tandai dengan SOLVED dan set nilai h’-nya sama dengan 0.
iii
Jika SUCC
bukan terminal node, hitung nilai h’.
(c)
Kirimkan
informasi baru tersebut ke graph, dengan cara: tetapkan S adalah node yang
ditandai dengan SOLVED atau node yang nilai h’-nya baru saja diperbaiki, dan
sampaikan nilai ini ke parent-nya. Inisialisasi S = NODE. Kerjakan
langkah-langkah berikut ini hingga S kosong:
i
Jika
mungkin, seleksi dari S suatu node yang tidak memiliki descendant dalam GRAPH
yang terjadi pada S. Jika tidak ada, seleksi sebarang node dari S (sebut:
CURRENT) dan hapus dari S.
ii
Hitung
biaya tiap-tiap arc yang muncul dari CURRENT. Biaya tiap-tiap arc ini sama
dengan jumlah h’ untuk tiap-tiap node pada akhir arc ditambah dengan biaya arc
itu sendiri. Set h’(CURRENT) dengan biaya minimum yang baru saja dihitung dari
stiap arc yang muncul tadi.
iii
Tandai
jalur terbaik yang keluar dari CURRENT dengan menandai arc yang memiliki biaya
minimum.
iv
Tandai
CURRENT dengan SOLVED jika semua node yang dihubungkan dengannya hingga arc
yang baru saja ditandai tadi telah ditandai dengan SOLVED.
v
Jika
CURRENT telah ditandai dengan SOLVED atau jika biaya CURRENT telah berubah,
maka status baru ini harus disampaikan ke GRAPH. Kemudian tambahkan semua
ancestor dari CURRENT ke S.
Sebagai contoh, pada Gambar 2.34 Jelas
bahwa jalur melalui C selalu lebih baik daripada melalui B. Tetapi jika biaya
node E muncul, dan pengaruh perubahan yang diberikan ke node B tidak sebesar
pengaruhnya terhadap node C, maka jalur melalui B bisa jadi lebih baik. Sebagai
contoh, hasil expand node E, misalkan 10, maka biaya node C menjadi 11 (10+1),
dengan demikian biaya node A apabila memilih jalur lewat C adalah 12 (11+1).
Tentu saja akan lebih baik memilih jalur melalui node B (11). Tapi tidak
demikian halnya apabila kemudian node D diekspan. Bisa jadi jalur dengan
melalui node B akan lebih buruk lagi ketimbang jalur dengan melalui node C.
Sumber :
Tsang,
Edward.1993. Foundations of Constraint Satisfaction. Academic
PressLimited. USA : Sandiego
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusno deposit bonus forex 2021 - takipçi satın al - takipçi satın al - takipçi satın al - takipcialdim.com/tiktok-takipci-satin-al/ - instagram beğeni satın al - instagram beğeni satın al - google haritalara yer ekleme - btcturk - tiktok izlenme satın al - sms onay - youtube izlenme satın al - google haritalara yer ekleme - no deposit bonus forex 2021 - tiktok jeton hilesi - tiktok beğeni satın al - binance - takipçi satın al - uc satın al - finanspedia.com - sms onay - sms onay - tiktok takipçi satın al - tiktok beğeni satın al - twitter takipçi satın al - trend topic satın al - youtube abone satın al - instagram beğeni satın al - tiktok beğeni satın al - twitter takipçi satın al - trend topic satın al - youtube abone satın al - instagram beğeni satın al - tiktok takipçi satın al - tiktok beğeni satın al - twitter takipçi satın al - trend topic satın al - youtube abone satın al - instagram beğeni satın al - perde modelleri - instagram takipçi satın al - instagram takipçi satın al - cami avizesi - marsbahis
BalasHapusYENİ PERDE MODELLERİ
BalasHapusSms onay
MOBİL ODEME BOZDURMA
Nft Nasıl Alinir
ankara evden eve nakliyat
Trafik sigortasi
dedektör
web sitesi kurma
aşk kitapları
smm panel
BalasHapusSMM PANEL
iş ilanları
İnstagram Takipçi Satın Al
Https://www.hirdavatciburada.com/
beyazesyateknikservisi.com.tr
Servis
Jeton hilesi
en son çıkan perde modelleri
BalasHapusuc satın al
lisans satın al
yurtdışı kargo
özel ambulans
en son çıkan perde modelleri
minecraft premium
nft nasıl alınır